Senin, 07 Maret 2011

ASAL MULA TERJADINYA SUMBER LUMPUR KESONGO


Sumber Lumpur kesongo merupakan sebuah keajaiban alam yang ada di Area Perhutani KPH Randublatung Blora, terletak di Petak 141 RPH Padas BKPH Trembes, Luasnya + 100 Ha berupa hamparan tanah kosong yang sebagian ditumbuhi rumput serta beberapa kubangan air / rawa – rawa. Jarak dari Kota  Randublatung sekitar 30 Km kearah Barat (Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan)

Semburan lumpur yang terjadi di Kesongo tidak sebesar semburan yang terjadi di LAPINDO-Sidoarjo. Namun lokasi semburan di Kesongo berjumlah banyak dan menyebar. Proses semburan lumpur pun cukup unik karena kejadiannya menyerupai proses muntahnya magma dari gunung berapi.

Bentuk lokasi semburan lumpurpun menyerupai bentuk miniatur dari gunung berapi. Kumpulan dari semburan lumpur ini sangat menyerupai kumpulan gunung berapi yang saling berdekatan yang sedang berlomba mengeluarkan magma dari perut bumi. 

Pada waktu tertentu semburan lumpur di Kesongo menjadi besar yang terjadi dalam seharian. Besarnya semburan kurang lebih sama dengan semburan di Bledug Kuwu Grobogan. Pada saat akan terjadinya ledakan besar pada Lumpur kesongo biasanya ditandai dengan adanya suara gemuruh dan gempa kecil terlebih dahulu.

Kawasan Lumpur Kesongo memiliki luas 119,1 ha, yang terdiri dari 3 tipe habitat. Ketiga tipe tersebut adalah kawasan semburan lumpur, kawasan rawa dan kawasan padang rumput (savanna). Kawasan semburan lumpur merupakan kawasan yang dipenuhi oleh lumpur yang keluar dari perut bumi, pada daerah ini tidak ada vegetasi yang bisa hidup. 

Kawasan yang menjadi daerah semburan lumpur memiliki luas kurang lebih 5 hektar. Pada kawasan ini biasanya dijadikan sebagai tempat masyarakat untuk meminta berkah pada Ki Joko Linglung. Pada saat setiap ritual, peziarah selalu membawa susu putih yang dituangkan ke dalam kawah lumpur agar permohonannya terkabul oleh Ki Joko Linglung. 

Konon menurut masyarakat sekitar, susu putih merupakan makanan favorit dari Ki Joko Linglung. Selain sebagai tempat pemujaan lokasi semburan lumpur merupakan lokasi tempat bermain dan mencari makan beberapa jenis satwa yang hidup di sekitar lokasi tersebut. Kawasan padang rumput merupakan kawasan yang mayoritas ditumbuhi oleh vegetasi rumput. Kawasan savanna di Kesongo memiliki luas kurang lebih 112 ha. 

Pada lokasi ini merupakan tempat mengembala ternak masyarakat sekitar. Selain itu masyarakat juga mengambil rumput untuk pemenuhan pakan ternak mereka yang di kandang di rumahnya. Selain dijadikan sumber pakan ternak masyarakat sekitar kawasan, kawasan padang rumput Kesongo juga merupakan habitat bagi beberapa jenis burung terrestrial dan amfibi. 

Kawasan rawa Kesongo merupakan kawasan yang sepanjang tahun selalu di tutupi oleh air atau lumpur. Pada kawasan ini selain selalu di penuhi oleh air juga ditumbuhi oleh ilalang rawa. Selain itu, pada kawasan ini juga menjadi habitat burung air, reptil dan amfibi. 

 
Di kawasan ini terdapat beberapa jenis burung yang termasuk kedalam jenis satwa RTE yang dilindungi oleh PP No.7 tahun 1999, IUCN dan Cites. Beberapa burung yang termasuk dalam kategori RTE yang terdapat di Kesongo adalah Cangak Abu (Ardea cinerea), Cangak Merah (Ardea purpurea), Bambangan Merah (Ixobrychus cinnamomues), Bangau Tongtong (Leptoptilos javanicus) dan Belibis Batu (Dendrocygnajavanica). 

Keberadaan beberapa jenis burung air langka yang terdapat pada lokasi ini kemungkinan berasal dari daerah pantai dan danau yang terdapat cukup jauh dari lokasi ini. Kemungkinan mereka bermigrasi ke tempat ini karena di habitat aslinya telah terdesak oleh aktifitas manusia. Dikarenakan cocok dengan kondisi habitat di Kesongo, kemudian kawanan burung air ini membentuk koloni habitat barunya di kawasan Kesongo yang lebih aman dari gangguan manusia. 

 

Mengingat keunikan dan fungsi ekologisnya yang sangat penting, kawasan Kesongo oleh Perum Perhutani Unit I KPH Randublatung bersama dengan Tropical Forest Trust (TFT) menetapkan kawasan ini sebagai kawasan lindung. 

Selain itu kawasan kesongo merupakan kawasan  yang teridentifikasi sebagai kawasan HCFV (High Conservation Value Forest). Dalam kawsan kesongo teridentivikasi sebagai kawasan HCV 1 kawasan migrasi satwa (rawa kesongo), HCV 2 Habitat satwa kunci (kuntul putih (Bubulcus ibis)), HCV 3 Ekosistem RTE (savanna dan rawa air tawar), HCV 5 Pemenuhan kebutauhan dasar (sumber pakan ternak/savanna), dan HCV 6 situs budaya (Kawasan sumber lumpur kesongo). 

 

Sehingga penetapan kawasan kesongo sebagai kawasan lindung merupakan langkah yang tepat bagi KPH Randublatung. Untuk lebih mengoptimalkan fungsi lindung dari kawasan kesongo, KPH Randublatung berencana untuk membuat kawasan zona penyangga (buffer zone) terhadap kawasan Kesongo. Kawasan zona penyangga Kesongo merupakan kawasan hutan yang berbatasan langsung dengan kawasan Kesongo. 

Untuk membuat kawasan zona penyangga ini, KPH Randublatung mengorbankan kawasan produksi yang berada di dekat kawasan kesongo. Saat ini kawasan yang akan dijadikan sebagai kawasan zona penyangga Kesongo masih merupakan kawasan hutan produksi dengan vegetasi mayoritas jati. Kedepannya kawasan hutan produksi (Jati) tersebut akan di bentuk menjadi kawasan Hutan Alam Sekunder. 

Penggelolan yang ada dalam kawasan ini nantinya berupa pengelolaan untuk mendukung terbentuknya kondisi hutan alam sebagai kawasan pelindunganbiodiversity di KPH Randublatung. Hutan produksi yang akan diubah fungsi dan keperuntukannya sebagai kawasan lindung adalah seluas 631,2 ha. 

Melihat keunikan, fenomena dan pesona alam yang dimiliki oleh kawasan Kesongo, kawasan ini sangat cocok untuk dikembangkan sebagai salah satu objek wisata minat khusus. Pengembangan objek wisata minat khusus bertujuan agar fungsi lindung dari kawasan ini tidak mengalami gangguan yang besar dari aktifitas kegiatan pariwisata.


DONGENG ASAL MULA TERJADINYA LUMPUR KESONGO

 Pada suatu hari di belantara hutan Randublatung Ki Joko Linglung datang untuk melakukan pertapaan. Pada pertapaannya itu, Ki Joko Linglung menjelma menjadi seekor ular yang sangat besar. Pertapaan ini memakan waktu bertahun-tahun lamanya, sehingga tubuh ular penjelmaan Ki Joko Linglung tertutup oleh pepohonan dan  tanaman merambat. Berdasarkan pesan sang guru, selama bertapa Ki Joko Linglung dilarang makan, kecuali ada sesuatu yang masuk kedalam mulutnya. Dalam pertapaannya, Ular “ Joko Linglung” membuka mulutnya, sehingga terlihat seperti mulut goa. 
Suatu ketika, datanglah sepuluh anak pengembala mengembalakan sapinya di daerah tempat Ki Joko Linglung bertapa.  Tiba-tiba terjadi hujan lebat sehingga kesepuluh pengembala itu mencari tempat berteduh. Secara tidak sengaja, salah satu dari sepuluh pengembala tersebut ada yang menemukan goa. Kemudian dia mengajak teman-temannya untuk berteduh di goa yang diketemukannya. Namun satu dari teman mereka tidak mau masuk ke dalam goa tersebut. 

Pada saat berteduh kesembilan pengembala tersebut tidak menyadari kalau goa tempat mereka berteduh merupakan mulut dari ular penjelmaan Ki Joko Linglung yang sedang bertapa. Di dalam goa kesembilan anak tesebut memukul-mukulkan goloknya ke dinding goa. Dikarenakan terkejut dan kesakitan dengan adanya orang yang masuk ke dalam mulutnya, ular jelmaan Ki Joko Linglung pun menutup mulutnya. Dan kesembilan pengembala tadi pun tertelan ke dalam perut ular penjelmaan Ki Joko Linglung. 

Satu teman mereka yang tidak masuk ke dalam mulut goa tersebut kaget melihat kejadian itu. Dan Ki Joko Linglung yang telah kekenyangan setelah memakan kesembilan anak pengembala tersebut mengeluarkan air liur dari mulutnya. Hal tersebut dikarenakan dia telah berpuasa bertahun-tahun lamanya. Air liur Ki Joko Linglung yang jatuh ke tanah (bumi) secara menakjubkan menjadi letupan-letupan sumber lumpur yang keluar dari perut bumi. Setelah merasa kenyang Ki Joko Linglung pun kembali melanjutkan proses pertapaannya dengan masuk ke perut bumi. Sumber lumpur yang keluar dari perut bumi itu, sampai saat ini terus keluar dengan lokasi yang berpindah-pindah.Pada saat tertentu terjadi letupan yang besar dan berlangsung seharian. Masyarakat sekitar menyakini lokasi lumpur yang berpindah-pindah itu merupakan tempat pertapaan Ki Joko Lingkung 

Satu anak pengembala yang selamat itu pun pulang ke desanya. Dia kemudian  menceritakan semua kejadian yang dialaminya bersama teman-temannya. Tempat semburan lumpur tersebut akhirnya dinamakan Kesongo atau Pesongo  yang berasal dari kata apesnya cah songgo (sialnya anak sembilan). Dikarenakan cerita tentang kesaktian Ki Joko Linglung dan tempat pertapaannya tersebut berkembang di masyarakat luas, maka tempat ini pun sampai sekarang merupakan tempat yang banyak dikunjungi orang untuk melakukan ritual permohonan berkah kepada Ki Joko Linglung agar diberi kesuksesan dunia. Dalam setiap kegiatan ritual orang yang akan meminta berkah Ki Joko Linglung selalu membawa susu putih yang diyakini merupakan makanan kesukaan Ki Joko Linglung. Hal tersebut bertujuan agar keinginan peziarah dapat dikabulkan hajatnya oleh Ki Joko Linglung. 

18 komentar:

  1. ada yang bilang satu anak yang tak termakan oleh joko linglung adalah anak yang berpenyakit kudis....anak tersebut diusir dari dalam gua oleh kesembilan anak yang berteduh di dalam gua, karena penyakitnya itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aslamualaikum wr wb. Bismillahirrahamaninrahim, senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung hutang ke pelanggan saya totalnya 700jt dan di bank totalnya 1M, saya stres dan hampir bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anak-anaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH.Ageng Raden Kusuma hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KH.Ageng Raden Kusuma, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah, akhirnya 5M yang saya minta benar-benar ada di tangan saya, semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, jika ingin seperti saya, saya menyarankan untuk menghubungi KH.Ageng Raden Kusuma di ((085-219-106-237))
      Situsnya http://kyai-agengradenkusuma.blogspot.co.id/

      Hapus
    2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. betul pak...
    anak yg selamat itu yg berpenyakit kudis....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya sih bener.....soalnya saya denger dari bapak saya.....

      Hapus
  3. mitologi bisa/boleh diuji ndak? apa komentar para ahli fulkanologi tentang fenomena letupan di kesongo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cerita ini hanya Legenda/Dongeng turun temurun, kalo di hubungkan dgn fenomena alam & Ilmu pengetahuan jelas ga bisa. tujuannya hny utk nguri2 kebudayaan aja.

      Hapus
  4. deket rumahku ternyata cocok jg buat kawasan wisata

    BalasHapus
  5. adinda dian rizqi8 Mei 2014 pukul 15.00

    ini didekat rumah saya, cerita asal mula terjadinya kesongo hanya dongeng. kalau terjadi letusan memang benar.

    BalasHapus
  6. Aslamualaikum wr wb. Bismillahirrahamaninrahim, senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung hutang ke pelanggan saya totalnya 700jt dan di bank totalnya 1M, saya stres dan hampir bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anak-anaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH.Ageng Raden Kusuma hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KH.Ageng Raden Kusuma, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah, akhirnya 5M yang saya minta benar-benar ada di tangan saya, semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, jika ingin seperti saya, saya menyarankan untuk menghubungi KH.Ageng Raden Kusuma di ((085-219-106-237))
    Situsnya http://kyai-agengradenkusuma.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  7. pesugihan.....hhhh sama aja menipu diri sendiri...!

    BalasHapus
  8. Lah iki kesongo edak omahku��

    BalasHapus
  9. Salam hormat kami Buat yang berada di Dalam negri dan di perantauan yang mengalami kesusahan dan Butuh Modal Usaha dan Punya Utang Banyak,Minat Lewat Pesugihan putih Tanpa Tumbal Di jamin Aman Dunia Akhirat (Halal)

    #Pesugihan Putih Nyata dari alam Gaib#

    Terbukti berkhasiat tinggi dalam mendatangkan rezeki dan kekayaan.
    Dikerjakan oleh Pakar yang piawai dan berpengalaman.
    Bebas pantangan ,Bebas efek samping. Dapat dijalangkan oleh semua orang dari semua latar belakang.

    PENGAJAR: AKI SARO PATI
    NO TELPON : 0823-1236-9847

    AKI SARO PATI =SIAP MEMBANTU ANDA:
    #PESUGIHAN PUTIH
    #NIKAH SIRIH SAMA JIN MUSLIM
    #UANG BALIK
    #RAMALAN ANGKA TOGEL TEMBUS 5 PUTARAN

    #PESUGIHAN PUTIH DANA BAROKAH.AMAN DUNIA AKHIRAT TANPA TUMBAL#
    Cukup anda menyembelih hewan kambing sbg sesajen putih.anda akan dibawakan uang melimpah sama jin muslim.
    Jika kambing dapat uang seratus juta dan jika sapi akan dapat 1-5 milyar lebih
    Buktikan dan kami yakin anda akan bisa dan akan dapat uang melimpah dalam satu malam ,Ini nyata dan terbukti.
    silahkan anda ritual malam ini dengan bimbingan jarak jauh via telpon. PENGAJAR : AKI SARO PATi
    NO TELPON/WA : 0823-1236-9847

    BalasHapus
  10. Woi babi, ustadz itu gaada yg ngajarin pesugihan.. Memang babi kau

    BalasHapus
  11. Nama saya Bakti Novita, saya berasal dari Bekasi sebuah kota di Jawa Barat, Indonesia, yang terletak di perbatasan timur Jakarta di dalam wilayah metropolitan Jakarta, beberapa bulan yang lalu saya tersedot ke dalam situasi keuangan yang buruk dan saya membutuhkan pinjaman mendesak untuk membayar tagihan dan kembali ke keuangan saya secara finansial karena situasi keuangan saya saat ini sehingga bank saya menolak memberi saya pinjaman, dia pergi dengan opsi lain untuk mencari pinjaman tanpa jaminan secara online, saya adalah korban penipuan dalam proses penelitian saya , dan saya kehilangan hampir EUR 1500 dan saya dalam kesulitan dan saya hampir berharap untuk mendapatkan pinjaman sampai saya menemukan pos online, postingan itu dibagikan kesaksian oleh Ratu Jamillah dari Surabaya, yang menunjukkan bagaimana dia menerima pinjaman sebesar € 50.000 dari KREDIT UNION DAYA LESTARI / ISKANDAR PINJAMAN LESTARI. setelah membaca posting, saya memutuskan untuk menghubungi Ibu Iskandar melalui email yang dibagikan di pos, permintaan tanpa jaminan saya untuk pinjaman sebesar EUR 350.000 disetujui dalam waktu 72 jam dari permintaan saya dan pinjaman saya dibayarkan ke rekening bank saya tanpa kelalaian apa pun. Saya ingin menyampaikan penghargaan saya yang dalam dan saya juga merekomendasikan agar pemohon pinjaman sangat waspada karena ada banyak penipu yang tujuan utamanya adalah untuk mendorong peminjam yang tidak bersalah, jadi Anda harus berhati-hati dan waspada. bagi mereka yang membutuhkan pinjaman yang nyata dan dapat dipercaya sebagai penerima manfaat, saya merekomendasikan KREDIT UNION DAYA LESTARI / ISKANDAR LESTARI, Anda dapat menghubungi mereka melalui info kontak berikut.


    BBM INVITE: {D8980E0B}
    WhatsApp Only :: {33753893351}
    e-mail: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus
  12. Klau buat persugihan sich kayaknya gk masuk akal.masak persugihan hanya bawa susu putih doang...bukannya persugihan itu ada ritual.seserahan persembaha.perjanjian.dan tumbal.mesti bawahanya ingkung ayam cemani.bunga setaman.telur ayam.menyan dupa.menurut sepengetahuan saya ya...jangan musrik lah.hanya bawa susu putih aja.dikira mau minta persugihan.gk taunya. Nanti susu beruangnya buat minum sendiri.hhhh

    BalasHapus
  13. Mau Sugih??? KERJA bro...!
    ndak usah ngimpi dapet duit siluman.

    BalasHapus
  14. Itu fenomena alam..tempat wisata edukasi tentang vulcanologi..klo cerita asal muasalnya..emang begitu kata bapak saya..

    BalasHapus